Sejarah Kereta Api Indonesia
Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai mediaSuasana Arus Mudik Lebaran di Tahun 2007
Momen mudik menjelang hari raya tidak pernah bisa dilepaskan dari kereta api. Kereta api merupakan salah satu pilihan moda transportasi yang selalu diandalkan masyarakat Jakarta untuk mudik ke kampung halaman mereka. Stasiun dan KA yang dipadati pemudik pun menjadi...
Kilas Balik Pengiriman Lokomotif ESS 3200 Untuk Peresmian Stasiun Tanjung Priok, 2009
Pada malam hari 14 April 2009, satu-satunya lokomotif listrik ESS 3200 yang tersisa, 3201 (d/h 3202) dikirim dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Tanjung Priok. Pengiriman lokomotif ini guna menjadi penampilan aset bersejarah untuk peresmian revitalisasi Stasiun Tanjung...
Suasana Stasiun Bekasi Tahun 1988
Dahulu, seluruh stasiun pada lintas Jatinegara-Cikampek memiliki karakteristik dan ciri khas serupa. Contoh karakteristik yang mudah dikenali adalah bangunan berukuran sedang, dan peron antar jalur yang lebar. Salah satunya Bekasi. Dalam dokumentasi tahun 1988 ini,...
Mengenal Railway Crane USR-1 “Si Bongkok”, Railway Crane Andalan Pada Masanya
USR-1 adalah railway crane uap berbahan bakar kayu yang dibuat oleh pabrik Figee, Belanda untuk Staatsspoorwegen (SS) pada tahun 1916. USR-1 merupakan railway crane terbesar, terberat, dan terkuat yang pernah ada di Pulau Jawa sejak era Staatsspoorwegen hingga era...
Aktivitas Kereta Api di Stasiun Jakarta Kota, 1997
Berbagai warna dari livery yang berbeda menghiasi kereta api pada era Perumka, seperti yang terdokumentasikan pada tahun 1997 oleh seorang pecinta kereta api asal Jerman bernama Joachim Kaddatz. Saat itu Joachim sedang berkunjung ke Indonesia dan memotret berbagai...
Stasiun Tanjung Barat, Pernah Menjadi Stasiun Percontohan di Jabodetabek
Stasiun Tanjung Barat merupakan salah satu stasiun yang ada di Lin Bogor. Terletak di kilometer 21+221 lintas Jakarta Kota-Bogor dengan ketinggian 44 meter di atas permukaan laut, stasiun ini berada di antara Stasiun Pasar Minggu di sebelah utara dan Stasiun Lenteng...
Suasana Stasiun Ancol Tahun 1987
Stasiun Ancol sempat direnovasi dan mendapatkan bangunan baru dalam rangka menyambut layanan kereta api jalur lingkar (yang kelak dikenal sebagai Lin Lingkar atau loop line), yang diresmikan operasionalnya pada 30 Maret 1987. Jalur lingkar merupakan layanan KRL dengan...
Halte Perning, Halte Kecil di Timur Mojokerto
Halte Perning adalah salah satu perhentian kereta api nonaktif yang ada di ujung timur Kabupaten Mojokerto. Lokasi Halte ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo. Lokasi Halte Perning ini tak jauh dari area eks PG Perning dan Halte...
Stasiun Klaten, dari Era Kolonial hingga Era Commuter Line
Di tengah hiruk pikuk antara Yogyakarta dan Solo, berdiri sebuah stasiun yang telah menjadi saksi perjalanan sejarah panjang Indonesia: Stasiun Klaten. Dibangun pada masa kolonial, bertahan di tengah revolusi kemerdekaan, dan kini melaju dalam derap modernisasi,...
Stasiun Blabak, Stasiun Penting di Magelang Pada Masanya
Stasiun Blabak (kode: BAB) adalah stasiun kereta api nonaktif yang terletak di Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada ketinggian +316 meter di atas permukaan laut. Stasiun ini dibangun oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) sebagai bagian dari...
Sejarah INKA dan Rangkaian KRL yang Diproduksinya
Pada 22 April 2025, Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo menyampaikan "Setelah 100 tahun, akhirnya kita pakai kereta (KRL) buatan dalam negeri", merujuk pada KRL seri CLI-225 buatan INKA tahun 2025, pada sambutannya di acara puncak peringatan 100 tahun operasional...
Warna-warni Lokomotif Listrik Seri 3200
Armada lokomotif listrik peninggalan perusahaan Electrische Staatsspoorwegen (ESS) memiliki warna yang beragam sejak awal hingga akhir pengoperasian regulernya, dan seri 3200 merupakan salah satunya. Layaknya seri lokomotif listrik lain, seri 3200 juga mengalami...