
Traksi ganda lokomotif diesel hidrolik BB30135 dan BB30423R menghela KA Probowangi saat masih berstatus KA lokal
Wilayah kerja kereta api paling timur di Pulau Jawa, Daop 9 Jember, di masa lalu memiliki banyak sekali lokomotif diesel hidrolik. Kala itu, Depo Lokomotif Jember mengoleksi lokomotif BB301, BB303, BB304, dan BB305. Hampir semua kereta api yang melintasi wilayah Daop 9 Jember dari Pasuruan hingga Banyuwangi menggunakan lokomotif diesel hidrolik.
Sebut saja KA lokal Pandanwangi Jember-Banyuwangi PP dan KA lokal Probowangi Probolinggo-Banyuwangi PP (kini menjadi KA jarak menengah relasi Surabaya-Banyuwangi PP) yang rutin menggunakan lokomotif diesel hidrolik. Belum lagi KA Cantik Ekspres Jember-Surabaya PP yang juga menggunakan lokomotif diesel hidrolik dalam masa pengoperasiannya yang singkat. Bahkan, KA Mutiara Timur Surabaya-Banyuwangi PP pun tercatat pernah reguler menggunakan lokomotif diesel hidrolik dari awal pengoperasiannya di tahun 1972.
Banyaknya lokomotif diesel hidrolik dengan gandar 2-2 yang dikoleksi oleh Depo Lokomotif Jember dalam kondisi siap operasi, membuat depo ini berjuluk “Dokternya Lokomotif BB”. Padahal, kebanyakan lokomotif ini dibuat di Eropa dan pada saat itu pabriknya sudah banyak yang tutup atau bergabung dengan perusahaan lain, sehingga dukungan suku cadang menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga lokomotif-lokomotif ini tetap hidup. Terkecuali lokomotif BB30423R (kini BB3048411) yang sudah menjalani retrofit di Balai Yasa Yogyakarta dengan penggantian pada banyaknya komponen mesin.
View this post on Instagram
Kini, era diesel hidrolik di tanah Jawa sudah berakhir, dan Depo Lokomotif Jember sendiri kini sudah tak lagi mengoleksi lokomotif diesel hidrolik. Saat ini, depo tersebut memiliki beberapa unit lokomotif CC201 dan CC203, di mana salah satunya adalah lokomotif CC2019201 yang merupakan lokomotif CC201 vintage livery ketiga di tanah Jawa.
Salam preservasi 🤜🏻🤛🏻