Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the ihc domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/irpsrid1/domains/irps.or.id/public_html/wp-includes/functions.php on line 6121
Lokomotif Diesel Hidrolik Khas Daop 9 Jember – IRPS
0819-0808-0450 humas@irps.or.id
diesel hidrolik

Traksi ganda lokomotif diesel hidrolik BB30135 dan BB30423R menghela KA Probowangi saat masih berstatus KA lokal

Wilayah kerja kereta api paling timur di Pulau Jawa, Daop 9 Jember, di masa lalu memiliki banyak sekali lokomotif diesel hidrolik. Kala itu, Depo Lokomotif Jember mengoleksi lokomotif BB301, BB303, BB304, dan BB305. Hampir semua kereta api yang melintasi wilayah Daop 9 Jember dari Pasuruan hingga Banyuwangi menggunakan lokomotif diesel hidrolik.

Sebut saja KA lokal Pandanwangi Jember-Banyuwangi PP dan KA lokal Probowangi Probolinggo-Banyuwangi PP (kini menjadi KA jarak menengah relasi Surabaya-Banyuwangi PP) yang rutin menggunakan lokomotif diesel hidrolik. Belum lagi KA Cantik Ekspres Jember-Surabaya PP yang juga menggunakan lokomotif diesel hidrolik dalam masa pengoperasiannya yang singkat. Bahkan, KA Mutiara Timur Surabaya-Banyuwangi PP pun tercatat pernah reguler menggunakan lokomotif diesel hidrolik dari awal pengoperasiannya di tahun 1972.

Banyaknya lokomotif diesel hidrolik dengan gandar 2-2 yang dikoleksi oleh Depo Lokomotif Jember dalam kondisi siap operasi, membuat depo ini berjuluk “Dokternya Lokomotif BB”. Padahal, kebanyakan lokomotif ini dibuat di Eropa dan pada saat itu pabriknya sudah banyak yang tutup atau bergabung dengan perusahaan lain, sehingga dukungan suku cadang menjadi tantangan tersendiri untuk menjaga lokomotif-lokomotif ini tetap hidup. Terkecuali lokomotif BB30423R (kini BB3048411) yang sudah menjalani retrofit di Balai Yasa Yogyakarta dengan penggantian pada banyaknya komponen mesin.

Kini, era diesel hidrolik di tanah Jawa sudah berakhir, dan Depo Lokomotif Jember sendiri kini sudah tak lagi mengoleksi lokomotif diesel hidrolik. Saat ini, depo tersebut memiliki beberapa unit lokomotif CC201 dan CC203, di mana salah satunya adalah lokomotif CC2019201 yang merupakan lokomotif CC201 vintage livery ketiga di tanah Jawa.

Salam preservasi 🤜🏻🤛🏻