0819-0808-0450 humas@irps.or.id

Sejarah Kereta Api Indonesia

Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai media
Perubahan Alinyemen Jalur di Emplasemen Stasiun Kebayoran

Perubahan Alinyemen Jalur di Emplasemen Stasiun Kebayoran

Pada awalnya, Staatsspoorwegen membangun 4 jalur pada emplasemen Kebayoran, dengan jalur 2 sebagai jalur lurus. Terdapat pula sebuah jalur simpang untuk membongkar muat material seperti pasir dan batu. Saat Belanda kembali lagi ke Indonesia, dibangun sebuah jalur...

read more
Sejarah Stasiun Tarik, Pernah Memiliki Kanopi

Sejarah Stasiun Tarik, Pernah Memiliki Kanopi

Stasiun Tarik adalah sebuah stasiun kereta api yang berada di antara Stasiun Mojokerto dan Stasiun Kedinding di lintas Solo-Surabaya. Stasiun ini terletak pada kilometer 47+657, dan juga melayani jalur cabang menuju Sidoarjo melewati Stasiun Tulangan. Ke arah barat...

read more
Jejak Kereta Api di Bagian Indonesia di Pulau Kalimantan

Jejak Kereta Api di Bagian Indonesia di Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau besar di Asia Tenggara yang memiliki jaringan kereta api. Saat ini, jaringan kereta api hanya eksis di wilayah Kalimantan yang menjadi bagian dari Malaysia, tepatnya di negara bagian Sabah yang dioperasikan oleh Sabah State...

read more
Mengenal Bentuk 92 Pada Perjalanan Kereta Api

Mengenal Bentuk 92 Pada Perjalanan Kereta Api

Secara umum, perintah "Bentuk 92" adalah perintah untuk melewati sinyal tidak aman yang dikeluarkan oleh pemimpin perjalanan kereta api (PPKA) di sebuah stasiun pada masinis dan kondektur pemimpin (KP) dari sebuah kereta api (KA) yang akan melewati stasiun tersebut....

read more
Sejarah Perhentian Pondokbetung di Jalur Tanah Abang-Merak

Sejarah Perhentian Pondokbetung di Jalur Tanah Abang-Merak

Perhentian (halte) Pondokbetung adalah sebuah perhentian nonaktif yang terletak antara petak jalan Kebayoran-Pondok Ranji. Perhentian ini mulai beroperasi pada tahun 1899 bersamaan dengan peresmian jalur kereta api Tanah Abang-Rangkasbitung oleh perusahaan...

read more
Telusur Eks Perhentian Kumendung, Sidoarjo

Telusur Eks Perhentian Kumendung, Sidoarjo

Di masa lalu, perhentian (halte/shelter) banyak dioperasikan untuk naik turun penumpang kereta api lokal, terutama di daerah yang okupansi penumpangnya sedikit. Kini tidak banyak halte yang aktif di lintas aktif reguler. Salah satunya adalah halte Kumendung yang...

read more

Sejarah Lokomotif Uap Nomor 151-160 Milik NIS

Lokomotif uap nomor 151-160 milik Nederland-Indische Spoorweg Maatschappij merupakan lokomotif buatan Werkspoor, Belanda tahun 1910 dan 1912. Lokomotif dengan tipe 0-6-0T ini beroperasi di lebar sepur 1435 mm dan merupakan reguler di jalur Semarang-Solo-Yogyakarta....

read more