Sejarah Kereta Api Indonesia
Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai mediaElektrifikasi Jalur KA Jatinegara-Bekasi, 1992-1996
Elektrifikasi lintas Jatinegara-Bekasi pertama kali dikerjakan pada 1992, dengan layanan KRLnya mulai beroperasi pada 1996. Pada waktu yang sama, lintas ini juga mendapatkan pembaruan ke sistem persinyalan elektrik Solid State Interlocking (SSI) Siemens pada 1995,...
Jalur Cabang Citayam-Nambo, Bagian dari Megaproyek yang Tak Kunjung Berlanjut
Jalur Citayam-Nambo adalah sebuah jalur cabang yang dibangun di jalur KA Jakarta-Bogor. Jalur ini merupakan pembangunan tahap pertama dari megaproyek jalur KA lingkar luar Jakarta yang mencuat di tahun 1980an. Jalur sepanjang 14,009 km ini kini melayani perjalanan KRL...
Mengintip BPTT Darman Prasetyo, Tempat Masinis Belajar Mengemudikan Kereta Api
Di Yogyakarta, terletak di antara Stasiun Lempuyangan dan Balai Yasa Yogyakarta, berdiri sebuah balai pelatihan untuk calon masinis yang akan mengoperasikan kereta milik KAI. Balai pelatihan yang kini bernama Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo ini...
Perjalanan Panjang JALITA, Sang Ikon KAI Commuter
Tahun 1999, Divisi Jabotabek dibentuk oleh KAI untuk mengurus operasional KRL komuter di wilayah Jabotabek. Di tahun 2008, statusnya dinaikkan menjadi anak usaha dengan nama KAI Commuter Jabodetabek, yang umum disingkat KCJ. Awalnya, KAI Commuter Jabodetabek mewarisi...
Stasiun di Lin Bogor, Dokumentasi Tahun 1988
Pada tahun 1988, PJKA tengah melakukan renovasi, rombakan, dan perkembangan besar-besaran pada lintas Jakarta Kota-Bogor, kini dikenal sebagai Lin Bogor. Pada segmen Jakarta Kota-Manggarai misalnya yang sedang dilakukan proyek jalur KA layang, begitu pula dengan...
6 April 2025, Peringatan 100 Tahun Operasional Kereta Listrik di Indonesia
Operasional kereta listrik di Indonesia telah melalui perjalanan sejarah yang sangat panjang. Keberadaan moda transportasi massal yang modern, dapat mengangkut banyak orang, murah, cepat, dan ramah lingkungan ini setidaknya telah mulai dipelajari kelayakannya oleh...
Layanan KRL Commuter Line Menuju Stasiun Maja, 2013
Stasiun Maja merupakan salah satu stasiun pada jalur KA Tanah Abang-Merak yang pernah menjadi titik terujung dari elektrifikasi listrik aliran atas (LAA). Layanan KRL Commuter Line relasi Tanah Abang-Maja dibuka pada 17 April 2013, hingga akhirnya kembali diperpanjang...
Awal Mula Stasiun Cawang, dari Sebuah Halte yang Tak Langsung Aktif
Saat melihat Cawang, mungkin hal yang pertama kali terpikirkan adalah bangunannya yang serupa dengan Mampang. Desain bangunan ini memang banyak digunakan untuk halte dan perhentian KA di area Jabodetabek pada dekade 1980-an. Halte-halte yang pernah memakai desain...
Serba-serbi KRL Electrische Staatsspoorwegen
Perusahaan Electrische Staatsspoorwegen (ESS) mendatangkan armada Kereta Rel Listrik (KRL) pada rentang tahun 1924-1927 untuk melayani lintas serta operasional kereta listrik di kompleks Kota Batavia dan jalur KA menuju ke Buitenzorg. KRL ini terbagi menjadi dua...
Cikini, dari Sebuah Halte Kecil Menjadi Stasiun yang Ramai
Cikini dan Pegangsaan merupakan 2 perhentian yang berbeda di lintas Jakartakota-Manggarai. Halte Cikini pada awalnya terletak di KM 8+033, kemudian dipindahkan sejauh kurang lebih 267 meter ke KM 8+300 saat stasiun baru Cikini dibangun bersamaan dengan proyek jalur KA...
Lin Lingkar di Tahun 1987
KRL pada foto merupakan armada KRL Rheostatik stainless steel buatan 1986-1987. KRL yang terdiri dari 4 kereta per rangkaian ini digunakan sebagai layanan kereta api Lin Lingkar. Lin Lingkar merupakan layanan KRL dengan rute yang melingkari kota Jakarta, dimulai dari...
Di Balik Potongan Rel di Stasiun Gambir
Dunia railfanning Indonesia dahulu sempat ramai dengan keberadaan potongan rel tua yang ada di area parkir mobil Stasiun Gambir. Terdapat 2 rel di tempat ini, keduanya menggunakan batang rel berukuran R54 dan bantalan besi tahun campuran. Terdapat berbagai macam opini...