0819-0808-0450 humas@irps.or.id

Sejarah Kereta Api Indonesia

Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai media
Stasiun di Lin Bogor, Dokumentasi Tahun 1988

Stasiun di Lin Bogor, Dokumentasi Tahun 1988

Pada tahun 1988, PJKA tengah melakukan renovasi, rombakan, dan perkembangan besar-besaran pada lintas Jakarta Kota-Bogor, kini dikenal sebagai Lin Bogor. Pada segmen Jakarta Kota-Manggarai misalnya yang sedang dilakukan proyek jalur KA layang, begitu pula dengan...

read more
Layanan KRL Commuter Line Menuju Stasiun Maja, 2013

Layanan KRL Commuter Line Menuju Stasiun Maja, 2013

Stasiun Maja merupakan salah satu stasiun pada jalur KA Tanah Abang-Merak yang pernah menjadi titik terujung dari elektrifikasi listrik aliran atas (LAA). Layanan KRL Commuter Line relasi Tanah Abang-Maja dibuka pada 17 April 2013, hingga akhirnya kembali diperpanjang...

read more
Serba-serbi KRL Electrische Staatsspoorwegen

Serba-serbi KRL Electrische Staatsspoorwegen

Perusahaan Electrische Staatsspoorwegen (ESS) mendatangkan armada Kereta Rel Listrik (KRL) pada rentang tahun 1924-1927 untuk melayani lintas serta operasional kereta listrik di kompleks Kota Batavia dan jalur KA menuju ke Buitenzorg. KRL ini terbagi menjadi dua...

read more
Cikini, dari Sebuah Halte Kecil Menjadi Stasiun yang Ramai

Cikini, dari Sebuah Halte Kecil Menjadi Stasiun yang Ramai

Cikini dan Pegangsaan merupakan 2 perhentian yang berbeda di lintas Jakartakota-Manggarai. Halte Cikini pada awalnya terletak di KM 8+033, kemudian dipindahkan sejauh kurang lebih 267 meter ke KM 8+300 saat stasiun baru Cikini dibangun bersamaan dengan proyek jalur KA...

read more
Lin Lingkar di Tahun 1987

Lin Lingkar di Tahun 1987

KRL pada foto merupakan armada KRL Rheostatik stainless steel buatan 1986-1987. KRL yang terdiri dari 4 kereta per rangkaian ini digunakan sebagai layanan kereta api Lin Lingkar. Lin Lingkar merupakan layanan KRL dengan rute yang melingkari kota Jakarta, dimulai dari...

read more
Di Balik Potongan Rel di Stasiun Gambir

Di Balik Potongan Rel di Stasiun Gambir

Dunia railfanning Indonesia dahulu sempat ramai dengan keberadaan potongan rel tua yang ada di area parkir mobil Stasiun Gambir. Terdapat 2 rel di tempat ini, keduanya menggunakan batang rel berukuran R54 dan bantalan besi tahun campuran. Terdapat berbagai macam opini...

read more
Kereta Panser Staatsspoorwegen Era Perang Dunia Kedua

Kereta Panser Staatsspoorwegen Era Perang Dunia Kedua

1941, melihat situasi di Pasifik dan antisipasi invasi Jepang. Koninklijk Nederlandsch-Indisch Leger (KNIL/Tentara Kerajaan Hindia Belanda), mendekati Staatsspoorwegen (SS) untuk mengusulkan pembuatan kereta api berlapis baja (pansertrein/kereta panser). Dua set...

read more
Sepur Samping pada Lintas Manggarai-Depok

Sepur Samping pada Lintas Manggarai-Depok

Jalur ganda lintas Manggarai-Depok pada awalnya sempat difungsikan oleh PJKA sebagai "jalur tunggal yang ganda" atau dalam istilah kereta api disebut sebagai sepur samping. Rencana pembangunan jalur ganda Manggarai-Bogor sendiri pertama kali dilakukan di segmen...

read more