Sejarah Kereta Api Indonesia
Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai mediaStasiun di Lin Bogor, Dokumentasi Tahun 1988
Pada tahun 1988, PJKA tengah melakukan renovasi, rombakan, dan perkembangan besar-besaran pada lintas Jakarta Kota-Bogor, kini dikenal sebagai Lin Bogor. Pada segmen Jakarta Kota-Manggarai misalnya yang sedang dilakukan proyek jalur KA layang, begitu pula dengan...
6 April 2025, Peringatan 100 Tahun Operasional Kereta Listrik di Indonesia
Operasional kereta listrik di Indonesia telah melalui perjalanan sejarah yang sangat panjang. Keberadaan moda transportasi massal yang modern, dapat mengangkut banyak orang, murah, cepat, dan ramah lingkungan ini setidaknya telah mulai dipelajari kelayakannya oleh...
Layanan KRL Commuter Line Menuju Stasiun Maja, 2013
Stasiun Maja merupakan salah satu stasiun pada jalur KA Tanah Abang-Merak yang pernah menjadi titik terujung dari elektrifikasi listrik aliran atas (LAA). Layanan KRL Commuter Line relasi Tanah Abang-Maja dibuka pada 17 April 2013, hingga akhirnya kembali diperpanjang...
Awal Mula Stasiun Cawang, dari Sebuah Halte yang Tak Langsung Aktif
Saat melihat Cawang, mungkin hal yang pertama kali terpikirkan adalah bangunannya yang serupa dengan Mampang. Desain bangunan ini memang banyak digunakan untuk halte dan perhentian KA di area Jabodetabek pada dekade 1980-an. Halte-halte yang pernah memakai desain...
Serba-serbi KRL Electrische Staatsspoorwegen
Perusahaan Electrische Staatsspoorwegen (ESS) mendatangkan armada Kereta Rel Listrik (KRL) pada rentang tahun 1924-1927 untuk melayani lintas serta operasional kereta listrik di kompleks Kota Batavia dan jalur KA menuju ke Buitenzorg. KRL ini terbagi menjadi dua...
Cikini, dari Sebuah Halte Kecil Menjadi Stasiun yang Ramai
Cikini dan Pegangsaan merupakan 2 perhentian yang berbeda di lintas Jakartakota-Manggarai. Halte Cikini pada awalnya terletak di KM 8+033, kemudian dipindahkan sejauh kurang lebih 267 meter ke KM 8+300 saat stasiun baru Cikini dibangun bersamaan dengan proyek jalur KA...
Lin Lingkar di Tahun 1987
KRL pada foto merupakan armada KRL Rheostatik stainless steel buatan 1986-1987. KRL yang terdiri dari 4 kereta per rangkaian ini digunakan sebagai layanan kereta api Lin Lingkar. Lin Lingkar merupakan layanan KRL dengan rute yang melingkari kota Jakarta, dimulai dari...
Di Balik Potongan Rel di Stasiun Gambir
Dunia railfanning Indonesia dahulu sempat ramai dengan keberadaan potongan rel tua yang ada di area parkir mobil Stasiun Gambir. Terdapat 2 rel di tempat ini, keduanya menggunakan batang rel berukuran R54 dan bantalan besi tahun campuran. Terdapat berbagai macam opini...
Kereta Panser Staatsspoorwegen Era Perang Dunia Kedua
1941, melihat situasi di Pasifik dan antisipasi invasi Jepang. Koninklijk Nederlandsch-Indisch Leger (KNIL/Tentara Kerajaan Hindia Belanda), mendekati Staatsspoorwegen (SS) untuk mengusulkan pembuatan kereta api berlapis baja (pansertrein/kereta panser). Dua set...
Proses Pembangunan Jalur Layang Manggarai-Jakarta Kota Tahun 1989
Pada tahun 2025 ini, hampir 33 tahun sudah jalur KA layang yang membentang di pusat Jakarta beroperasi, yakni jalur layang lintas Manggarai-Jakarta Kota yang diresmikan pada 5 Juni 1992. Studi mengenai rencana pembangunan jalur KA layang Manggarai-Jakarta Kota ini...
Sepur Samping pada Lintas Manggarai-Depok
Jalur ganda lintas Manggarai-Depok pada awalnya sempat difungsikan oleh PJKA sebagai "jalur tunggal yang ganda" atau dalam istilah kereta api disebut sebagai sepur samping. Rencana pembangunan jalur ganda Manggarai-Bogor sendiri pertama kali dilakukan di segmen...
Tuas Sinyal Alkmaar yang ‘Nyasar’ di Daerah Blok A, Jakarta Selatan
Jika kalian melewati Jalan Prapanca Raya di daerah Blok A, Jakarta Selatan, maka kalian akan menemukan sebuah benda yang bentuknya kelihatan tidak asing dan familiar. Ya, benda tersebut adalah tuas sinyal (perkakas handel) tipe Alkmaar. Perkakas handel ini dipajang...