0819-0808-0450 humas@irps.or.id

Sejarah Kereta Api Indonesia

Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai media
Elektrifikasi Jalur KA Jatinegara-Bekasi, 1992-1996

Elektrifikasi Jalur KA Jatinegara-Bekasi, 1992-1996

Elektrifikasi lintas Jatinegara-Bekasi pertama kali dikerjakan pada 1992, dengan layanan KRLnya mulai beroperasi pada 1996. Pada waktu yang sama, lintas ini juga mendapatkan pembaruan ke sistem persinyalan elektrik Solid State Interlocking (SSI) Siemens pada 1995,...

read more
Perjalanan Panjang JALITA, Sang Ikon KAI Commuter

Perjalanan Panjang JALITA, Sang Ikon KAI Commuter

Tahun 1999, Divisi Jabotabek dibentuk oleh KAI untuk mengurus operasional KRL komuter di wilayah Jabotabek. Di tahun 2008, statusnya dinaikkan menjadi anak usaha dengan nama KAI Commuter Jabodetabek, yang umum disingkat KCJ. Awalnya, KAI Commuter Jabodetabek mewarisi...

read more
Stasiun di Lin Bogor, Dokumentasi Tahun 1988

Stasiun di Lin Bogor, Dokumentasi Tahun 1988

Pada tahun 1988, PJKA tengah melakukan renovasi, rombakan, dan perkembangan besar-besaran pada lintas Jakarta Kota-Bogor, kini dikenal sebagai Lin Bogor. Pada segmen Jakarta Kota-Manggarai misalnya yang sedang dilakukan proyek jalur KA layang, begitu pula dengan...

read more
Layanan KRL Commuter Line Menuju Stasiun Maja, 2013

Layanan KRL Commuter Line Menuju Stasiun Maja, 2013

Stasiun Maja merupakan salah satu stasiun pada jalur KA Tanah Abang-Merak yang pernah menjadi titik terujung dari elektrifikasi listrik aliran atas (LAA). Layanan KRL Commuter Line relasi Tanah Abang-Maja dibuka pada 17 April 2013, hingga akhirnya kembali diperpanjang...

read more
Serba-serbi KRL Electrische Staatsspoorwegen

Serba-serbi KRL Electrische Staatsspoorwegen

Perusahaan Electrische Staatsspoorwegen (ESS) mendatangkan armada Kereta Rel Listrik (KRL) pada rentang tahun 1924-1927 untuk melayani lintas serta operasional kereta listrik di kompleks Kota Batavia dan jalur KA menuju ke Buitenzorg. KRL ini terbagi menjadi dua...

read more
Cikini, dari Sebuah Halte Kecil Menjadi Stasiun yang Ramai

Cikini, dari Sebuah Halte Kecil Menjadi Stasiun yang Ramai

Cikini dan Pegangsaan merupakan 2 perhentian yang berbeda di lintas Jakartakota-Manggarai. Halte Cikini pada awalnya terletak di KM 8+033, kemudian dipindahkan sejauh kurang lebih 267 meter ke KM 8+300 saat stasiun baru Cikini dibangun bersamaan dengan proyek jalur KA...

read more
Lin Lingkar di Tahun 1987

Lin Lingkar di Tahun 1987

KRL pada foto merupakan armada KRL Rheostatik stainless steel buatan 1986-1987. KRL yang terdiri dari 4 kereta per rangkaian ini digunakan sebagai layanan kereta api Lin Lingkar. Lin Lingkar merupakan layanan KRL dengan rute yang melingkari kota Jakarta, dimulai dari...

read more
Di Balik Potongan Rel di Stasiun Gambir

Di Balik Potongan Rel di Stasiun Gambir

Dunia railfanning Indonesia dahulu sempat ramai dengan keberadaan potongan rel tua yang ada di area parkir mobil Stasiun Gambir. Terdapat 2 rel di tempat ini, keduanya menggunakan batang rel berukuran R54 dan bantalan besi tahun campuran. Terdapat berbagai macam opini...

read more