+6287811185585 humas@irps.or.id

Yogyakarta, Minggu, 28 Februari 2021. Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan, karena pada hari Minggu, 29 Februari 2021, acara seremonial peresmian Livery Vintage Lokomotif Seri CC20169 yang berlokasi di pelataran Balai Yasa Pengok Yogyakarta berjalan lancar tanpa kendala. Acara ini sendiri dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT KAI (Persero), Bpk. Didiek Hartyanto bersama jajaran PT KAI (Persero) lainnya dan juga tidak lupa dihadiri oleh 15 orang perwakilan dari komunitas IRPS dan Semboyan Satoe Community sebagai komunitas penggagas proposal Livery Vintage Lokomotif CC201 yang beberapa bulan lalu diajukan ke Direksi PT KAI (Persero) dan mendapat tanggapan yang baik untuk dilakukan. Dengan telah dilakukan acara seremonial ini maka lokomotif CC20169 siap bertugas untuk menghela KA Penumpang Reguler.

Ide gagasan ini berawal dari proporsal yang diajukan oleh Semboyan Satoe Community mengenai permohonan untuk pengecatan lokomotif dengan livery vintage khas era tahun 1970 dan diajukan pada tahun 2017 kepada perwakilan direksi PT KAI, namun dikarenakan berbagai pertimbangan maka PT KAI (Persero) belum bisa menyetujui ide proposal tersebut. Kemudian di awal tahun 2021, IRPS berkolaborasi dengan Semboyan Satoe Community memperbaiki proposal tersebut dan mengajukan kembali gagasan proposal tesebut kepada tim humas dan langsung diterima oleh Direktur Utama dari PT KAI (Persero) – Bpk. Didiek Hartyanto, dan mendapat respon yang baik oleh PT KAI (Persero) untuk mewujudkannya. Dan puncaknya pada tanggal 23 Februari 2021 tim Balai Yasa Yogyakarta melakukan ujicoba lokomotif CC20169 (CC201.83.31) untuk dilakukan uji tes jalan yang dirangkaikan dengan KA Kahuripan rute Lempuyangan-Purwosari, PP.

Semoga dengan hadirnya lokomotif livery vintage ini makin meningkatkan image PT KAI (Persero), khususnya dimata para pecinta kereta api dan dimata masyarakat pada umumnya, sebagai salah bentuk upaya melestarikan sejarah dan budaya perkembangan kereta api yang dinamis dari kemerdekaan hingga saat ini.

Kunjungi medsos Semboyan Satoe Community:
FB: https://www.facebook.com/semboyansatoecommunity
IG: https://www.instagram.com/semboyansatoe_id/

 92 total views,  1 views today