Sejarah Kereta Api Indonesia
Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai mediaSejarah Stasiun Ngabean, Stasiun Penting Pada Masanya
Terletak di Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta, Stasiun Ngabean adalah sebuah stasiun yang terletak di jalur nonaktif Yogyakarta-Sewugalur. Stasiun ini dibangun oleh perusahaan Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) yang dibuka pada 21 Mei 1895 bersamaan...
Jejak Pabrik Gula Medari
Pabrik Gula (PG) Medari merupakan salah satu pabrik gula yang dibangun oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Terletak di Caturharjo, Sleman, Yogyakarta, rencana pembangunan pabrik gula ini muncul pada tahun 1906 dan mulai dibangun pada tahun 1908. Letaknya dekat...
Stasiun Kemidjen, Museum Transportasi TMII: Lebih Dari Sekadar Stasiun Kereta Wisata!
Jika kalian berkunjung ke Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kalian pasti pernah melihat atau bahkan berkunjung ke sebuah stasiun untuk menaiki kereta wisata yang berjalan mengelilingi area museum. Stasiun ini bernama Kemidjen (KME). Nama stasiun...
37 Tahun Tragedi Bintaro: Peluit Langsir yang Berujung Malapetaka
19 Oktober 2024, tepat 37 tahun Peristiwa Luarbiasa Hebat (PLH) terbesar dalam Perkeretaapian Indonesia terjadi, yakni Tragedi Bintaro, Senin, 19 Oktober 1987. PLH ini melibatkan KA Lokal 225 Rangkasbitung-Jakartakota dengan lokomotif BB30616 dan KA Patas 220...
Menjelajah Sisa Aset Perkeretaapian di Wonogiri
Saat ini Wonogiri menjadi stasiun akhir dari jalur kereta api Purwosari-Wonogiri. Stasiun Wonogiri yang dibuka pada tanggal 1 April 1922 oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) ini menyimpan segudang jejak-jejak sejarah perkeretaapian dengan banyaknya...
Sejarah Lokomotif C300: Endemik Jakarta, Keliru Dipakai Pembangunan Gelora Bung Karno
Awal dekade 1950an hingga pertengahan dekade 1980an, Indonesia membeli banyak sekali produk perkeretaapian dari Jerman, baik Jerman Barat maupun Jerman Timur. Seolah meneruskan tradisi dari era Hindia Belanda yang juga rajin membeli lokomotif uap dari Jerman....
Sang “Sri Gunung” Lokomotif Uap CC50, Lokomotif “Mallet” Termuda Staatsspoorwegen
Keberhasilan pembangunan jalur KA yang melewati pegunungan dengan medan berat di wilayah Priangan merupakan salah satu tonggak pencapaian Staatsspoorwegen dalam sejarah berdirinya perusahaan tersebut di Hindia Belanda. Namun, dari keberhasilan pembangunan ini muncul...
Sejarah Panjang Stasiun Cirebon yang Kini Berusia 112 Tahun
Kota Cirebon sebagai salah satu kota pelabuhan penting di masanya tidaklah lepas dari pembangunan infrastruktur penunjang pergerakan masyarakat. Salah satunya pembangunan jalur kereta api. Sejarah mencatat dua perusahaan kereta api membangun jalurnya melewati kota...
112 Tahun Stasiun Cirebon Melayani Penumpang Kereta Api
Stasiun Cirebon hari ini genap berusia 112 tahun. Walau sudah 1 abad lebih, namun bangunan stasiun masih tetap berdiri kokoh melayani keberangkatan KA penumpang di Kota Cirebon. Stasiun Cirebon mulai resmi beroperasi pada tanggal 3 Juni 1912, bersamaan dengan...
Rumah Sinyal Stasiun Tanah Abang, Masih Eksis Hingga Kini
Jika anda sedang naik KRL ke Tanah Abang dari arah Palmerah, Manggarai, maupun arah sebaliknya, pasti anda pernah melihat sebuah bangunan besar yang terletak di dekat percabangan kedua jalur tersebut. Bangunan ini merupakan bekas dari salah satu rumah sinyal...
Inilah Handel Sinyal Mekanik Stasiun Serpong yang Pernah Eksis di Masa Lalu
Dahulu, Stasiun Serpong pernah mempunyai sebuah rumah sinyal untuk mengontrol persinyalan KA maupun wesel jalur yang masih bersistem mekanik pada stasiun. Perkakas handel dari rumah sinyal Serpong tersebut kini masih ada dan dapat kita jumpai di Museum Transportasi...
Melihat Kembali Lokomotif “Vintage Livery” di Pulau Jawa
Sejak livery lawas atau vintage livery pada lokomotif khususnya lokomotif jalur utama diterapkan kembali sejak tahun 2021 lewat kolaborasi IRPS dengan KAI dan Semboyan Satoe Community, tren positif akan kehadiran kembali livery lawas ini semakin meningkat. Hal ini...