0819-0808-0450 humas@irps.or.id

Sejarah Kereta Api Indonesia

Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai media

Menjelajah Sisa Aset Perkeretaapian di Wonogiri

Saat ini Wonogiri menjadi stasiun akhir dari jalur kereta api Purwosari-Wonogiri. Stasiun Wonogiri yang dibuka pada tanggal 1 April 1922 oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) ini menyimpan segudang jejak-jejak sejarah perkeretaapian dengan banyaknya...

read more
Sejarah Panjang Stasiun Cirebon yang Kini Berusia 112 Tahun

Sejarah Panjang Stasiun Cirebon yang Kini Berusia 112 Tahun

Kota Cirebon sebagai salah satu kota pelabuhan penting di masanya tidaklah lepas dari pembangunan infrastruktur penunjang pergerakan masyarakat. Salah satunya pembangunan jalur kereta api. Sejarah mencatat dua perusahaan kereta api membangun jalurnya melewati kota...

read more
112 Tahun Stasiun Cirebon Melayani Penumpang Kereta Api

112 Tahun Stasiun Cirebon Melayani Penumpang Kereta Api

Stasiun Cirebon hari ini genap berusia 112 tahun. Walau sudah 1 abad lebih, namun bangunan stasiun masih tetap berdiri kokoh melayani keberangkatan KA penumpang di Kota Cirebon. Stasiun Cirebon mulai resmi beroperasi pada tanggal 3 Juni 1912, bersamaan dengan...

read more
Rumah Sinyal Stasiun Tanah Abang, Masih Eksis Hingga Kini

Rumah Sinyal Stasiun Tanah Abang, Masih Eksis Hingga Kini

Jika anda sedang naik KRL ke Tanah Abang dari arah Palmerah, Manggarai, maupun arah sebaliknya, pasti anda pernah melihat sebuah bangunan besar yang terletak di dekat percabangan kedua jalur tersebut. Bangunan ini merupakan bekas dari salah satu rumah sinyal...

read more
Melihat Kembali Lokomotif “Vintage Livery” di Pulau Jawa

Melihat Kembali Lokomotif “Vintage Livery” di Pulau Jawa

Sejak livery lawas atau vintage livery pada lokomotif khususnya lokomotif jalur utama diterapkan kembali sejak tahun 2021 lewat kolaborasi IRPS dengan KAI dan Semboyan Satoe Community, tren positif akan kehadiran kembali livery lawas ini semakin meningkat. Hal ini...

read more
Stasiun Angke Ternyata Pernah Miliki Kanopi

Stasiun Angke Ternyata Pernah Miliki Kanopi

Stasiun Angke saat ini adalah stasiun perhentian KRL Commuter Line dengan tiga jalur, di mana jalur 1 adalah jalur belok yang juga digunakan untuk KRL dengan tujuan akhir stasiun tersebut. Di masa lalu, Stasiun Angke ternyata sempat memiliki sebuah kanopi kayu yang...

read more
Jejak Jalur KA 700 Milimeter di Papua

Jejak Jalur KA 700 Milimeter di Papua

Di hari ini, kita mengetahui bahwa sudah ada jalur KA khusus di Papua bagian Indonesia yang beroperasi di tambang milik Freeport. Jalur KA tambang ini memiliki lebar jalur 1435 milimeter yang beroperasi menggunakan lokomotif hibrida listrik-baterai-diesel tipe...

read more
Lokomotif Diesel Hidrolik Khas Daop 9 Jember

Lokomotif Diesel Hidrolik Khas Daop 9 Jember

Wilayah kerja kereta api paling timur di Pulau Jawa, Daop 9 Jember, di masa lalu memiliki banyak sekali lokomotif diesel hidrolik. Kala itu, Depo Lokomotif Jember mengoleksi lokomotif BB301, BB303, BB304, dan BB305. Hampir semua kereta api yang melintasi wilayah Daop...

read more