Sejarah Kereta Api Indonesia
Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai mediaAktivitas Kereta Api di Stasiun Jakarta Kota, 1997
Berbagai warna dari livery yang berbeda menghiasi kereta api pada era Perumka, seperti yang terdokumentasikan pada tahun 1997 oleh seorang pecinta kereta api asal Jerman bernama Joachim Kaddatz. Saat itu Joachim sedang berkunjung ke Indonesia dan memotret berbagai...
Stasiun Tanjung Barat, Pernah Menjadi Stasiun Percontohan di Jabodetabek
Stasiun Tanjung Barat merupakan salah satu stasiun yang ada di Lin Bogor. Terletak di kilometer 21+221 lintas Jakarta Kota-Bogor dengan ketinggian 44 meter di atas permukaan laut, stasiun ini berada di antara Stasiun Pasar Minggu di sebelah utara dan Stasiun Lenteng...
Suasana Stasiun Ancol Tahun 1987
Stasiun Ancol sempat direnovasi dan mendapatkan bangunan baru dalam rangka menyambut layanan kereta api jalur lingkar (yang kelak dikenal sebagai Lin Lingkar atau loop line), yang diresmikan operasionalnya pada 30 Maret 1987. Jalur lingkar merupakan layanan KRL dengan...
Halte Perning, Halte Kecil di Timur Mojokerto
Halte Perning adalah salah satu perhentian kereta api nonaktif yang ada di ujung timur Kabupaten Mojokerto. Lokasi Halte ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo. Lokasi Halte Perning ini tak jauh dari area eks PG Perning dan Halte...
Stasiun Klaten, dari Era Kolonial hingga Era Commuter Line
Di tengah hiruk pikuk antara Yogyakarta dan Solo, berdiri sebuah stasiun yang telah menjadi saksi perjalanan sejarah panjang Indonesia: Stasiun Klaten. Dibangun pada masa kolonial, bertahan di tengah revolusi kemerdekaan, dan kini melaju dalam derap modernisasi,...
Stasiun Blabak, Stasiun Penting di Magelang Pada Masanya
Stasiun Blabak (kode: BAB) adalah stasiun kereta api nonaktif yang terletak di Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada ketinggian +316 meter di atas permukaan laut. Stasiun ini dibangun oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) sebagai bagian dari...
Sejarah INKA dan Rangkaian KRL yang Diproduksinya
Pada 22 April 2025, Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo menyampaikan "Setelah 100 tahun, akhirnya kita pakai kereta (KRL) buatan dalam negeri", merujuk pada KRL seri CLI-225 buatan INKA tahun 2025, pada sambutannya di acara puncak peringatan 100 tahun operasional...
Warna-warni Lokomotif Listrik Seri 3200
Armada lokomotif listrik peninggalan perusahaan Electrische Staatsspoorwegen (ESS) memiliki warna yang beragam sejak awal hingga akhir pengoperasian regulernya, dan seri 3200 merupakan salah satunya. Layaknya seri lokomotif listrik lain, seri 3200 juga mengalami...
Elektrifikasi Jalur KA Jatinegara-Bekasi, 1992-1996
Elektrifikasi lintas Jatinegara-Bekasi pertama kali dikerjakan pada 1992, dengan layanan KRLnya mulai beroperasi pada 1996. Pada waktu yang sama, lintas ini juga mendapatkan pembaruan ke sistem persinyalan elektrik Solid State Interlocking (SSI) Siemens pada 1995,...
Jalur Cabang Citayam-Nambo, Bagian dari Megaproyek yang Tak Kunjung Berlanjut
Jalur Citayam-Nambo adalah sebuah jalur cabang yang dibangun di jalur KA Jakarta-Bogor. Jalur ini merupakan pembangunan tahap pertama dari megaproyek jalur KA lingkar luar Jakarta yang mencuat di tahun 1980an. Jalur sepanjang 14,009 km ini kini melayani perjalanan KRL...
Mengintip BPTT Darman Prasetyo, Tempat Masinis Belajar Mengemudikan Kereta Api
Di Yogyakarta, terletak di antara Stasiun Lempuyangan dan Balai Yasa Yogyakarta, berdiri sebuah balai pelatihan untuk calon masinis yang akan mengoperasikan kereta milik KAI. Balai pelatihan yang kini bernama Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) Darman Prasetyo ini...
Perjalanan Panjang JALITA, Sang Ikon KAI Commuter
Tahun 1999, Divisi Jabotabek dibentuk oleh KAI untuk mengurus operasional KRL komuter di wilayah Jabotabek. Di tahun 2008, statusnya dinaikkan menjadi anak usaha dengan nama KAI Commuter Jabodetabek, yang umum disingkat KCJ. Awalnya, KAI Commuter Jabodetabek mewarisi...