Sejarah Kereta Api Indonesia
Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai mediaKabin Sinyal Stasiun Cipinang Dekade 2010-an
Sebelum berdirinya depo kereta dan depo lokomotif di Cipinang seperti yang kita lihat saat ini, Cipinang dahulu merupakan sebuah stasiun. Bukan stasiun atau perhentian untuk naik turun penumpang, melainkan stasiun yang hanya digunakan untuk persilangan dan penyusulan...
Melihat Gerbong Barang Tua di Emplasemen Stasiun Cilegon, 2020
Terdapat beberapa gerbong tua yang hingga saat ini masih terparkir di emplasemen Stasiun Cilegon. Gerobak-gerobak usang ini dahulu digunakan untuk mengangkut berbagai macam jenis barang di Cilegon, mulai dari kurs angkutan baja gulung, pasir, semen, hingga kurs...
Joyride Lori di Jalur Bogor-Sukabumi, Tahun 2005
Berikut merupakan dokumentasi dari bangunan-bangunan stasiun peninggalan Staatsspoorwegen di jalur Bogor-Sukabumi pada tahun 2005, beserta keadaan emplasemen-emplasemennya. Perjalanan pada pertengahan tahun 2005 ini dilakukan dengan menggunakan sebuah lori, dengan...
Pengambilan Gambar Simulator Masinis BPTP Bekasi Tahun 1997
Pengambilan gambar untuk keperluan simulator masinis di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian (BPTP) Bekasi pada tahun 1997 ini dilakukan dengan menggunakan Kereta Inspeksi Wijayakusuma untuk proses perekamannya. Meskipun demikian, kereta inspeksi ini sendiri pada...
Proses Penurunan Armada Lokomotif Uap di Museum Transportasi TMII Tahun 1987
Berikut ini merupakan dokumentasi saat proses penyusunan dan penataan armada-armada bekas lokomotif uap milik PJKA di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tahun 1987. Taman Mini Indonesia Indah bekerja sama dengan Perusahaan Jawatan Kereta Api...
Lokomotif Uap C27 di Lintas Tanah Abang-Rangkasbitung-Merak
Per tahun 1970, Depo Lokomotif Tanahabang (TNB) memiliki 13 unit lokomotif uap seri C27, yang terdiri dari C2701, 08, 09, 10, 11, 15, 16, 20, 21, 23, 30, 38, dan 39. Selain C27, Depo TNB juga memiliki seri lok-lok uap lain, yakni 2 unit lokomotif B51, 1 unit lokomotif...
Lokomotif BB200, Lokomotif Diesel Kedua di Indonesia
Lokomotif BB200 merupakan seri lokomotif diesel elektrik kedua yang dioperasikan oleh Djawatan Kereta Api. Lokomotif ini merupakan buatan pabrik General Motors (GM) Electro-Motive Division (EMD), sebuah pabrikan lokomotif asal Amerika Serikat dan Kanada di tahun 1957....
Menelusuri Jejak Halte Dongkelan di Jalur Nonaktif Yogyakarta-Bantul
Halte Dongkelan adalah sebuah perhentian kereta api yang terletak di Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta. Halte ini mulai beroperasi pada 21 Mei 1895, bersamaan dengan Stasiun Ngabean, dan juga jalur kereta api Yogyakarta-Sewugalur segmen Yogyakarta-Srandakan. Halte...
Sejarah Stasiun Ngabean, Stasiun Penting Pada Masanya
Terletak di Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta, Stasiun Ngabean adalah sebuah stasiun yang terletak di jalur nonaktif Yogyakarta-Sewugalur. Stasiun ini dibangun oleh perusahaan Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) yang dibuka pada 21 Mei 1895 bersamaan...
Jejak Pabrik Gula Medari
Pabrik Gula (PG) Medari merupakan salah satu pabrik gula yang dibangun oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Terletak di Caturharjo, Sleman, Yogyakarta, rencana pembangunan pabrik gula ini muncul pada tahun 1906 dan mulai dibangun pada tahun 1908. Letaknya dekat...
Stasiun Kemidjen, Museum Transportasi TMII: Lebih Dari Sekadar Stasiun Kereta Wisata!
Jika kalian berkunjung ke Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kalian pasti pernah melihat atau bahkan berkunjung ke sebuah stasiun untuk menaiki kereta wisata yang berjalan mengelilingi area museum. Stasiun ini bernama Kemidjen (KME). Nama stasiun...
37 Tahun Tragedi Bintaro: Peluit Langsir yang Berujung Malapetaka
19 Oktober 2024, tepat 37 tahun Peristiwa Luarbiasa Hebat (PLH) terbesar dalam Perkeretaapian Indonesia terjadi, yakni Tragedi Bintaro, Senin, 19 Oktober 1987. PLH ini melibatkan KA Lokal 225 Rangkasbitung-Jakartakota dengan lokomotif BB30616 dan KA Patas 220...