0819-0808-0450 humas@irps.or.id
joyride lori bogor-sukabumi

Keadaan Stasiun Cicurug dengan lori yang digunakan untuk joyride jalur Bogor-Sukabumi, 2005

Berikut merupakan dokumentasi dari bangunan-bangunan stasiun peninggalan Staatsspoorwegen di jalur Bogor-Sukabumi pada tahun 2005, beserta keadaan emplasemen-emplasemennya.

Perjalanan pada pertengahan tahun 2005 ini dilakukan dengan menggunakan sebuah lori, dengan didampingi oleh beberapa kru dari PT. KA. Pemberangkatan lori dilakukan sekitar pukul 07.30 pagi dari Stasiun Bogor, dan sampai di Stasiun Sukabumi pada siang harinya.

Lori dan para anggota yang ikut tidak dapat berlama-lama di Sukabumi dan harus segera kembali ke Bogor, karena KRD penumpang relasi Bogor-Sukabumi akan diberangkatkan pada sore harinya. Hal ini dikarenakan tidak ada satupun emplasemen stasiun antara Sukabumi-Bogor yang sepurnya layak untuk digunakan sebagai tempat persilangan antara KRD dengan lori tersebut.

Joyride lori pada pertengahan tahun 2005 ini sekaligus juga merupakan masa-masa terakhir dari layanan KRD penumpang Bogor-Sukabumi, hingga akhirnya berhenti beroperasi secara total dan membuat tidak adanya lagi layanan KA penumpang pada trayek tersebut. Angkutan penumpang kemudian dibuka kembali pada tahun 2008, dengan diluncurkannya layanan KRD Bumi Geulis.

Jalur Bogor-Sukabumi sendiri merupakan segmen awal dari lintas Bogor-Yogyakarta, yang dibangun oleh Staatsspoorwegen secara bertahap mulai 1879 hingga 1896. Kebanyakan porsi dari jalur ini merupakan lintas pegunungan, dengan terdapat dua terowongan di Lampegan, Jawa Barat dan Ijo, Jawa Tengah.

Salam preservasi 🤜🏻🤛🏻

Loading