Sejarah Kereta Api Indonesia
Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai mediaSejarah Kereta Api Berasal dari Kota Ini, Panjang Rute Capai 26 Km
Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pembangunan jalur kereta api di Desa Kemijen, Semarang.
NEWS STORY: Sejarah Mengapa Jakarta Pernah Punya Transportasi Trem
JAKARTA yang sudah berkembang sejak masa kolonialisme Belanda, dibangun bak kota-kota di Eropa. Tidak hanya bangunannya, tapi juga moda transportasinya. Seperti halnya kereta api, di Jakarta yang dulu bernama Batavia, juga turut diramaikan moda transportasi trem, lho....
Gerbong Maut: Saksi Bisu Tawanan Indonesia di Masa Kolonial Belanda
Dibalik kegagahan gerbong tersebut, tersimpan kisah pilu di masa perjuangan melawan penjajah. Tak heran, gerbong ini pun dijuluki dengan sebutan “Gerbong Maut”.
Lawang Sewu, Saksi Bisu Sejarah Kereta Api Indonesia
Bangunan dengan usia puluhan dekade ini masih nampak anggun dan megah.
Mengulik Sejarah Gedung Birao, Saksi Sejarah Kereta Api di Jawa
Satu lagi bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh di Kota Tegal yakni Gedung Birao atau Semarang Cheriboon Stroomtram (SCS).
Kisah Kereta Api dan Tanam Paksa yang Kejam
Sistem tanam paksa yang diberlakukan oleh Van den Bosch pada 1825-1830 ternyata menjadi kisah latar yang melahirkan kereta api di Indonesia. Sistem kejam itu yang kelak melahirkan ide pembangunan jalur kereta api.
Lawang Sewu, Si Gedung ‘Berhantu’ dalam Sejarah Kereta Api
Lawang Sewu, gedung ‘seribu’ pintu, pernah menjadi ikon gedung berhantu. Tayangan uji nyali dan kemunculan sosok seperti hantu perempuan yang menyebar di jejaring sosial, cukup untuk menciptakan kesan menakutkan.
Sejarah Stasiun Kereta Api Bangil
Stasiun Kereta Api Bangil (BG) atau yang disebut dengan Stasiun Bangil, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya yang berada pada ketinggian + 9 m di atas permukaan laut.
Jembatan Kereta Api Cikacepit, Bangunan Sejarah Tergerus Zaman
Jembatan Cikacepit atau dulu disebut Jembatan Tjipamottan ini mempunyai panjang sekitar 290 meter dengan lebar 1,70 meter dan tinggi dari permukaan tanah sekitar 100 meter tanpa pelindung di kiri-kanan jembatan. Pelindung untuk orang yang menyeberang justru adanya di bawah, sehingga orang harus meniti tangga lebih dulu.
Sejarah Stasiun Kereta Api Tegal
Dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij), stasiun dengan atap besar berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur).
Perintis ”Ular Besi” di Batavia
Peradaban perkeretaapian Ibu Kota ini berakar dari masa pemerintahan Hindia Belanda, sekitar 150 tahun lalu. Beberapa potongan jejak sejarahnya masih terlihat.
Tjabak Lokomotif Unik, Pengangkut Kayu Jati
Di Bojonegoro pernah ada lokomotif Kereta Api Tjabak. Kereta api ini khusus digunakan oleh Djatibedrijf, semacam pengelola hutan jati Hindia-Belanda atau Perhutani milik Belanda saat itu. KA ini dioperasikan sekitar 1900-an.