Sejarah Kereta Api Indonesia
Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai mediaDibangun 1900-an, Pengganti Jalur Bengawan
Lalu kapan jalur kereta api di Bojonegoro mulai dibangun? Dalam penelusuran sejarah kereta api di Bojonegoro, Jawa Pos Radar Bojonegoro agak kesulitan mencari sumber yang mengungkapkannya. Sumber yang masih hidup dan dapat diwawancarai adalah Gantjar, 85.
Melihat Sisa-sisa Benda Lawas di Stasiun Bojonegoro-Cepu
Nuansa Stasiun Bojonegoro dalam beberapa tahun memang sudah banyak berubah. Meski perubahan tidak banyak tapi semua orang merasakan perubahan itu. Sisi modern sudah terlihat sekali di tempat pemberhentian kereta api ini.
Museum Kereta Api di Bondowoso yang Nyaris Terlupakan
Menempati bekas stasiun kereta api Bondowoso yang kini sudah tak difungsikan, Museum Kereta Api Bondowoso memajang alat-alat yang dulu pernah digunakan, untuk menunjang operasional kereta api. Inilah tempat wisata di Bondowoso yang mungkin luput dari perhatian traveler.
Menengok Stasiun Cimahi yang Sudah Berusia 135 Tahun, Bangunan Artistik dengan Jendela Jalusi Besi
Bangunan Stasiun Cimahi yang berada di Jalan Stasiun, Kota Cimahi ini didirikan pada tahun 1884, bangunan artistik itu masih tampak kokoh dan indah dengan gaya art deco dan berkarakter vernakular.
Sejarah Hari Ini (1 Juli 1923) – Jalur Kereta Api Pertama di Sulawesi
Sejarah perkeretaapian di Indonesia diawali dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan kereta api oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, L.A.J. Baron Sloet van den Beele di Semarang pada Jumat, 17 Juni 1864.
Museum Sawahlunto, Bagian Sejarah Kereta Api Sumatera
Sebagai upaya melestarikan Stasiun Sawahlunto, PT Kereta Api Indonesia dan pemerintahan Kota Sawahlunto bekerja sama memanfaatkan Stasiun Sawahlunto sebagai museum.
Kenangan Bengkel Kereta yang Mengawali Denyut Kota
Pada 1931 dibangunlah Werkplaats—kini dikenal sebagai Balai Yasa Lahat—yang fungsinya sebagai jasa pelayanan perbaikan gerbong kereta dan lokomotif
Penggerak Angkutan Massal Penumpang dan Barang Era 1897-1970
Dahulu, Stasiun Kereta Api (KA) Banjar merupakan stasiun untuk awal dan akhir perjalanan, pergerakan maupun keluar masuk angkutan masal barang dan penumpang pada jalur/ spoor : Banjar – Tasik – Bandung – Jakarta.
Sejarah Hari Ini (21 Mei 1896) – Pasuruan-Warungdowo, Jalur Pertama Trem Pasuruan
Pasoeroean Stoomtram Maatschappij (PsSM) atau Perusahaan Trem uap Pasuruan adalah perusahaan yang bergerak dalam pengoperasian trem di Pasuruan dan sekitarnya yang didirikan pada 16 Maret 1895.
Sejarah Hari Ini (10 Mei 1883) – Pembukaan Jalur Kereta Api Sukabumi – Cianjur
Upaya pemerintah kolonial membuka jalur kereta api ke wilayah pedalaman Jawa Barat dimaksudkan untuk mempermudah mengangkut hasil bumi seperti tebu, karet, kina, teh maupun kopi.
Sejarah Hari Ini (5 Mei 1895) – SJS Buka Jalur Trem Uap Mayong-Pecangaan
Perusahaan trem uap pertama di pulau Jawa, Samarang-Joana Stoomtram-Maatschappij (SJS) atau secara harfiah berarti Perusahaan Trem Uap Semarang-Juwana berdiri pada 1881.
Catatan Sejarah Perkeretaapian Indonesia di Tanah Madura
Jalur KA antara Kalianget (Kab Sumenep – Madura Timur) sampai dengan Kamal (Kab Bangkalan – Madura Barat) pertama kali dibuka Pemerintah Hindia Belanda bagian demi bagian antara tahun 1898 s/d 1901. Periodesasi pembukaan jalur KA di Madura adalah Kamal-Bangkalan...