+6287820405055 humas@irps.or.id

Kawan Preservasi, hari ini Senin 28/03/2022 dalam rangka memperingati 125 tahun jalur kereta api Kalisat – Panarukan, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur berkolaborasi dengan Indonesian Railway Preservation Society dan didukung penuh oleh PT. Kereta Api Daerah Operasi 9, Komunitas Railfans Daop 9 , Komunitas Dead Rail Hunter dan Warga RT 21 RW 05 Desa Wonosuko, Dusun Singal menyelenggarakan preservasi atau pelestarian aset bersejarah berupa alat peraga sinyal tipe Krian yang tersisa di sepanjang jalur non-aktif Kalisat – Panarukan yang terletak di wilayah Tamanan, Bondowoso.

Sinyal ini merupakan sinyal masuk Stasiun Tamanan dari arah Grujugan (Jalur KA Non-Aktif Kalisat – Panarukan) dengan tipe Tebeng Krian yang berhenti beroperasi bersamaan dengan non-aktifnya jalur tersebut pada tahun 2004 lalu.

Hingga tahun 2022 ini, sinyal tersebut masih berdiri kokoh karena masih dirawat dan dijaga oleh masyarakat sekitar meski jalur kereta nya sudah tidak aktif.

Dengan adanya preservasi berupa pengecatan ulang sinyal tipe krian ini, diharapkan kita menjaga warisan bersejarah kereta api sebagai sarana edukasi bagi generasi yang akan datang.

Salam preservasi 🤜🤛

No Images found.

 122 total views,  1 views today