+6287771120080 humas@irps.or.id

Minggu pagi, 22 November 1953, sebuah CC200 dikeluarkan dari Balai Yasa Manggarai. Di dalam kabin, Kurdi Wangsa bertugas sebagai Masinis, Lili bertugas sebagai Juru Api, dan Djoko Soejoto bertugas sebagai Penanggung Jawab Perjalanan. Lokomotif lalu digandengkan ke rangkaian kereta kelas 2 baru yang stabling di emplasemen Manggarai. Rangkaian ini kemudian ditarik menuju Gambir.

Di Gambir, sebuah resepsi/upacara dilangsungkan, dihadiri oleh pembesar Departemen Perhubungan, Departemen Keuangan dan Ekonomi, pembesar DKA, para pengusaha, serta wartawan. Selain itu, Menteri Perhubungan Ir. Rooseno dan Wakil Menteri Pertama Mr. Wongsonegoro juga hadir. Para tamu undangan kemudian menaiki rangkaian yang tersedia. Rangkaian kemudian berangkat ke Bogor pukul 10.40 sebagai KLB 8020, dengan Kurdi Wangsa sebagai masinisnya.

Setibanya di Bogor, para tamu undangan kemudian menuju Istana Bogor. Tamu undangan disambut oleh Presiden Soekarno dan Ibu Negara. Jamuan makan siang kemudian diselenggarakan di istana. Selepas makan siang, rombongan kembali ke Stasiun Bogor bersama Presiden, Ibu Negara, serta Guntur. Di Stasiun Bogor, rangkaian telah ditambahkan sebuah kereta inspeksi yang biasa dipakai Presiden. Namun, Presiden malah menuju ke lokomotif bersama Ir. Rooseno dan Guntur. Mereka lalu melihat-lihat lokomotif baru itu, dan kemudian naik ke kabinnya.

Tepat pukul 14.00, kereta diberangkatkan ke Gambir sebagai KLB 8019. Yang istimewa, Masinisnya adalah Presiden Soekarno, sementara Ir. Rooseno menjadi Juru Apinya. Di Depok, KLB 8019 berhenti luar biasa atas permintaan Presiden. KLB langsung dikerumuni rakyat. Presiden lalu turun dan beramah-tamah sejenak dengan rakyat yang berkumpul, sebelum kemudian naik ke kereta inspeksi. Sebelumnya, Presiden menandatangani form “Berhenti Luar Biasa” sebagai masinis, sementara Ir. Rooseno menandatanganinya sebagai juru api. Perjalanan dilanjutkan dengan Lili bertugas sebagai masinis. KLB 8019 tiba di Gambir pukul 15.

Foto dan Sumber : Java Bode, Maandag 23 November 1953.

 89 total views,  2 views today