+6287771120080 humas@irps.or.id

Pada hari Jumat 12 Oktober 2018, IPRS–Semarang mendapat undangan acara Sharing Session dalam rangka Hari Museum Indonesia yang diadakan oleh Heritage PT. KAI (Persero), acara diadakan di Museum Lawang Sewu Semarang dan dihadiri oleh Lukman Saptaekwara sebagai VP Heritage and Architecture KAI, Daniel Haryano sebagai pemilik Museum Ulen Sentalun Kab. Sleman, Drs. Kasturi sebagai Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Semarang, Erwin Djunaedi sebagai founder Komunitas Malam Museum, dan juga dihadiri oleh Suchi Mentari (News Anchor TV One) sebagai Moderator Acara.

Selain itu acara juga dihadiri oleh beberapa peserta dari berbagai daerah seperti Duta Museum Indonesia, dan juga komunitas lain. IRPS – Semarang mendapat undangan untuk 2 orang yang diwakili oleh Wisnu Widiyatmoko (Korwil) dan Edo Octavian (Sekretaris).

Dengan mengambil tema : “Museum Kebanggaan Millenial I”, diisi bincang – bincang mengenai museum dan kaum milenial yang kurang memiliki ketertarikan dalam hal museum dan sejarah karena dinilai membosankan, maka ada beberapa usulan dan tips – tips yang dibahas mengenai bagaimana maningkatkan daya tarik museum terhadap kaum milenial, IRPS – Semarang juga mengajukan beberapa pertanyaan dan usul kepada VP Heritage and Architecture KAI Lukman Saptaekwara mengenai nuansa sejarah Museum Kereta Api Ambarawa yang dirasa kurang, kurangnya hal yang menarik / atraksi di Museum Kereta Api Ambarawa, Koleksi Museum.

Selain kepada VP Heritage KAI, IRPS – SM juga mengajukan pertanyaan untuk dibahas dalam seminar kepada Erwin Djunaedi selaku founder Komunitas Malam Museum mengenai isu mistis yang selalu dikaitkan pada benda-benda peniggalan sejarah di museum dan juga tips untuk menarik / merekrut anggota milenial untuk masuk komunitas sejarah.

(Edo Octavian)

51 total views, 2 views today