+6287771120080 humas@irps.or.id

Sejarah Kereta Api Indonesia

Artikel mengenai Sejarah Kereta Api Indonesia dari berbagai media

Sejarah Stasiun Kereta Api Tegal

Dibangun pada tahun 1885 sebagai stasiun trem JSM (Java Spoorweg Maatschappij). Pada tahun 1897, Stasiun Tegal dibeli oleh maskapai perkeretapian SCS (Semarang-Cheribon Stoomtram Maatschappij), stasiun dengan atap besar berbahan kayu yang mengatapi tiga sepur (jalur).

read more

Tjabak Lokomotif Unik, Pengangkut Kayu Jati

Di Bojonegoro pernah ada lokomotif Kereta Api Tjabak. Kereta api ini khusus digunakan oleh Djatibedrijf, semacam pengelola hutan jati Hindia-Belanda atau Perhutani milik Belanda saat itu. KA ini dioperasikan sekitar 1900-an. 

read more

Dibangun 1900-an, Pengganti Jalur Bengawan

Lalu kapan jalur kereta api di Bojonegoro mulai dibangun? Dalam penelusuran sejarah kereta api di Bojonegoro, Jawa Pos Radar Bojonegoro agak kesulitan mencari sumber yang mengungkapkannya. Sumber yang masih hidup dan  dapat diwawancarai adalah  Gantjar, 85. 

read more

Museum Kereta Api di Bondowoso yang Nyaris Terlupakan

Menempati bekas stasiun kereta api Bondowoso yang kini sudah tak difungsikan, Museum Kereta Api Bondowoso memajang alat-alat yang dulu pernah digunakan, untuk menunjang operasional kereta api. Inilah tempat wisata di Bondowoso yang mungkin luput dari perhatian traveler.

read more

Kereta Api Harus Ada di Nusantara

Pemerintah Kolonial demi kolonialisasinya di Indonesia, mau tidak mau harus membangun jaringan rel kereta api. Di masa lalu, pembangunan jaringan kereta api dilakukan dengan menggandeng swasta.

read more

2,716 total views, 3 views today