+6287771120080 humas@irps.or.id

Dalam rangka Peringatan / HUT masa dinas lokomotif CC 200 pada hari Sabtu tanggal 24 November 2018 , IRPS – Semarang telah menyelenggarakan kegiatan diskusi / seminar tentang Lokomotif CC 200 dan sejarah jalur kereta api Kedungjati – Secang serta pameran foto Lokomotif CC 200 yang diadakan di Museum Kereta Api Indonesia Ambarawa dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan antara lain perwakilan dari Dinas Pendidikan Kab. Semarang, Komunitas Kota Tua Magelang dan perwakilan dari Komunitas Railfans Daop Empat serta dihadiri oleh anggota IRPS – Jakarta dan Semarang, juga pengunjung umum museum.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengulas dan diskusi tentang peran Lokomotif CC 200 dalam perkeretaapian Indonesia sebagai lokomotif diesel pertama yang didatangkan oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno yang dioperasikan oleh Perusahaan Djawatan Kereta Api pada waktu itu. Tak hanya itu dalam diskusi juga diulas tentang sejarah jalur kereta api Kedungjati hingga Secang karena mengingat jalur ini masih dalam proses reaktivasi.

Acara dimulai pada pukul 09.30 yang diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia kegiatan Martinus Setiabudi dilanjutkan oleh sambutan dari Joko S. sebagai Kepala Stasiun Ambarawa serta pemberian cendera mata dari IRPS – Semarang.

Sesi diskusi pertama diawali oleh pembicara Tjahjono Rahardjo dengan topik pembahasan Kereta api pada era kemerdekaan dan dilanjutkan sesi kedua oleh Faishal Ammar tentang teknis dan seluk beluk mengenai Lokomotif Diesel CC 200.

Sesi terakhir dilanjutkan dengan pembicara Ratri Septina Saraswati dengan topik pembahasan mengenai jalur kereta api Kedungjati – Ambarawa – Secang dan diakhiri dengan sesi tanya jawab peserta kepada pembicara . Acara diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah.

(Edo Octavian)

Lihat Foto Galeri:

66 total views, 3 views today