+6287771120080 humas@irps.or.id

IRPS Bandung pada hari Sabtu dan Minggu, 1-2 September 2012 melakukan penelusuran jalur KA non aktif di lintas Banjar – Pangandaran – Cijulang. Pada kesempatan kali ini Tim IRPS Bandung yang terdiri dari Asep Suherman, Deden Suprayitno, M. Rizky dan Ardian Hadi Pratama menelusuri bekas jalur KA mulai dari jembatan Ciputrapinggan hingga terowongan Hendrik dengan berjalan kaki.

Tim menyusuri bekas jalur KA non aktif Cijulang-Kalipucang di lintas Banjar-Cijulang

Sabtu, 01 September 2012 pukul 10.00 WIB Tim start dengan berjalan kaki menyusuri muara sungai, setelah berada di bawah jembatan Ciputrapinggan kecil, tim mulai menaiki pinggiran jembatan, butuh waktu lama untuk menaiki jembatan supaya sampai dibekas jalur KA. Bekas jalur KA kini menjadi jalan setapak,  pemandangan alam dari bekas jalur KA sungguh mempesona, dari jalur KA ini kita bisa melihat Samudra Indonesia secara bebas karena jalur KA ini mengitari bukit dan pinggiran laut hingga jalan desa yang masuk ke obyek wisata Karang Nini.

Ciputrapinggan besar dan kecil

Tim menaiki sisi jembatan

Pemandangan dari bekas jalur KA

Tim harus mengeluarkan tenaga ekstra karena harus naik turun bukit di tengah-tengah hutan untuk mengabadikan bekas jembatan yang kini hanya meninggalkan pondasi dan terowongan-terowongan. Jembatan dan terowongan tersebut adalah jembatan Ciputrapinggan besar dan kecil, jembatan Cipanerekan, jembatan Cikabuyutan, terowongan Wilhelmina, terowongan Juliana, jembatan Cipambokongan, jembatan Cikacepit dan finish di terowongan Hendrik. Perjalanan yang menempuh jarak sekitar 10 km ditempuh hampir 6 jam.

Bekas pondasi Jembatan Cipanerekan

Bekas pondasi Jembatan Cikabuyutan

Tim menyusuri Terowongan Wilhelmina

Tim menyusuri Terowongan Juliana

Bekas pondasi Jembatan Cikacepit kecil

Bekas pondasi Jembatan Cikacepit

Di hari ke-2 minggu, 02 September 2012 Tim kembali melakukan penelusuran jalur KA, kali ini tim start dari bekas Stasiun Cijulang hingga Stasiun Pangandaran. Dalam penelusuran tersebut, tim mengunjungi bekas Stasiun Parigi, perhentian Cibenda, Cikalong, Cikembulan dan berakhir di Stasiun Pangandaran.

Bekas Stasiun Cijulang

Bekas reruntuhan Stasiun Parigi

Bekas Perhentian Cikembulan

Bekas Stasiun Pangandaran

 

1,194 total views, 1 views today