+6287771120080 humas@irps.or.id

Sabtu, 22 Desember 2012 IRPS Wilayah Bandung melakukan penanaman 400 pohon di area sekitar jalan rel kereta api antara Ciganea-Sukatani, Jawa Barat. Acara penanaman pohon yang diprakasai oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini merupakan tindak lanjut program penanaman 1 milyar pohon yang dicanangkan oleh pemerintah.

Kahumas Daop 2 Bpk. Bambang SP dan Direktur SDM Daop 2 Bpl. M. Faiz

Acara yang dimulai pukul 09.00 Wib ini selain diikuti oleh para anggota IRPS Wilayah Bandung, juga di ikuti oleh Sdr. Yohanes Oktama Ardito dari IRPS Wilayah Yogyakarta, Direktur SDM PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung M. Faiz, Kahumas Daop 2 Bandung Bambang SP serta para pegawai PT Kereta Api Indonesia (Persero) daop 2.

Dalam acara ini, IRPS yang diwakili oleh Bapak Nurcahyo mengusulkan agar pohon-pohon yang ditanam oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung tidak memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Pasalnya, penanaman pohon bernilai tinggi memicu terjadinya aksi pencurian pohon disepanjang area PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ditanami pohon di sepanjang Cibungur (Purwakarta) – Banjar. “Kami memonitor di Cimahi dan Bandung hampir 100 persen pohon tanaman PT Kereta Api Indonesia (Persero) ludes dijarah. Karena pohon-pohon itu bernilai ekonomi seperti pohon Mangga, Jambu dll,” ungkap bapak Nurcahyo.

IRPS mengusulkan agar pohon-pohon yang akan ditanam oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini tidak bernilai ekonomi yang dapat merangsang orang mencurinya tetapi secara ekologis tetap kuat seperti pohon yang dapat menampung serapan air dan memiliki akar kuat. “Pohon pohon itu yang sejenis jengjing, jabon dan jati,” pungkas.

Dalam acara penanaman ini, area penanaman di khususkan di lereng-lereng tebing yang rawan longsor baik di sekitar bawah jembatan atau di sisian jalan rel. Setelah hampir 2 jam lebih aksi penanaman pohon ini berlangsung, maka tepat pukul 11.30 Wib acara selesai dengan penanaman pohon terakhir di sisian jalan rel.

154 total views, 3 views today