Atas undangan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) ikut berpartisipasi dalam kegiatan Gathering Sahabat KAI “Bersama Untuk Kejayaan Kereta Api Di Indonesia” yang bertempat di Sari Ater, Ciater, Subang, Jawa Barat. Beberapa anggota IRPS yang turut serta dalam kegiatan ini datang dari seluruh perwakilan IRPS yakni mulai dari Sumatera Barat, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Jember.

Gathering-Sahabat-KAI-1

Pukul 05.15 Wib para peserta dari Jakarta yang terdiri dari IRPS dan pengguna setia kereta api sudah berkumpul di Stasiun Gambir, setelah peserta kumpul semua, maka rombongan segera naik ke lantai 2 dan langsung naik ke kereta api Argo Parahyangan di kereta eksekutif 4. Setelah menempuh perjalanan selama hampir 3 jam, maka peserta Gathering Sahabat KAI dari Jakarta bergabung dengan peserta dari daerah lain di ruang tunggu eksekutif Stasiun Bandung dalam ruangan tersebut hadir pula Manager External Relations, Bapak Sukendar Mulya.

Setalah di registrasi, tepat pukul 09.30 Wib rombongan yang terdiri dari IRPS, Kumunitas Edan Spoor Indonesia dan Pengguna setia jasa kereta api dipersilahkan menaiki bis yang telah di sediakan di halaman parkir Stasiun Bandung sebelah Selatan. Dengan menggunakan 3 buah bis, rombongan bergerak meninggalkan Stasiun Bandung. Perjalanan antara Stasiun Bandung dan Sari Ater di tempuh hampir 2 jam. Pukul rombongan tiba dilokasi pukul 11.20 Wib dan langsung menuju ruang pertemuan untuk beristirahat sambil makan siang.

Dalam ruang pertemuan tersebut, Bapak Husein Nurrony (VP Pemasaran Angkutan Penumpang) memberikan kata sambutan selamat datang kepada seluruh peserta Gathering Sahabat KAI. Setelah melaksanakan sholat Jumat, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Dikarenakan tempat istirahat belum selesai di persiapkan, maka diadakan pembagian doorprize. Pukul 14.30 Wib peserta dipersilahkan untuk menuju kamar yang telah disiapkan.

Pukul 15.30 WIB para peserta Gathering Sahabat KAI berkumpul di lapangan untuk mengikuti acara Fun Game. Acara Fun Game yang diikuti para peserta Gathering Sahabat KAI  sangat meriah, terlihat para peserta begitu antusias dan terlihat kebersamaan diantara para peserta walaupun berbeda komunitas. Setelah acara Fun Game selesai, para peserta menikmati hidangan khas sunda yakni Bajigur, Bandrek beserta jajanan pasar seperti kacang rebus, jagung dan lain sebagainya.

Malamnya sekitar pukul 19.00 Wib diadakan makan malam bersama dilanjutkan dengan sambutan dari  Direktur Komersil Bapak Sulistyo Wimbo Hardjito. Acara tersebut dihadiri oleh Manager External Relations, Bapak Sukendar Mulya, VP Pemasaran Angkutan Penumpang Bapak Husein Nurrony, VP Pejualan Angkutan Penumpang ibu Adi Suryatmini dan para staff PT KAI lainnya. Dalam kesempatan tersebut, Dirkom PT KAI mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah sudi menghadiri acara Gathering Sahabat KAI. Beliau juga menerangkan tentang beberapa perubahan di PT KAI.

Dalam Feedback season Panitia memberi kesempatan kepada seluruh peserta untuk memberikan tanggapan dan masukkan untuk PT KAI. Dalam kesempatan tersebut IRPS memberikan pertanyaan dan usulan seperti Reaktifasi jalur KA Bandung-Soreang, Bandung-Cirebon (lewat Sumedang), kereta wisata ke Trans Studia, Tiket Terusan, Sistem tiket online KA Ekonomi dan soal call 121. Selai dari IRPS, masih banyak lagi usulan dan masukkan dari komunitas dan pengguna KA lainnya.

Pukul 22.00 Wib diadakan pembagian doorprize dan pembagian hadiah pemenang Fun Game. Acara ini sangat meriah karena di penghujung acara di hibur dengan organ tunggal. Acara malam itu diakhiri dengan nyanyi bersama dan tepat pukul 23.30 Wib para peserta meninggalkan ruangan dan kembali ke kamar masing-masing.

Sabtu, 10 Desember 2011 pagi hari para peserta sudah berkumpul di halaman hotel Sari Ater untuk mengikuti acara Tea Walk. Pukul 06.30 Wib dengan menggunakan 2 bis, peserta berangkat menuju Perkebunan Nusantara VIII, perkebunan Teh Ciater. Dalam acara tersebut, para peserta Gathering Sahabat KAI dengan dipandu oleh para pegawai PTP VIII di ajak berkeliling perkebunan teh dan berakhir di pabrik pengolahan teh Walini. Di Pabrik, para peserta diajak berkeliling untuk melihat proses pengolahan teh mulai dari awal hingga siap disajikan untuk di nikmati.

Pukul 08.00 Wib para peserta kembali ke Sari Ater untuk sarapan pagi serta cek out. Pukul 10.00 Wib para peserta meninggalkan Sari Ater dan langsung menuju Tangkubanperahu. Karena waktu yang terbatas, maka kunjungan ke Tangkubanperahu hanya sebentar dan selanjutnya para peserta menuju ke rumah makan Sindang Relet untuk makan siang. Setelah makan siang peserta melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Stasiun Bandung. Pukul 15.15 WIB rombongan peserta Gathering Sahabat KAI tiba di Stasiun Bandung, para peserta yang akan kembali ke Malang langsung bergegas memasuki stasiun karena KA Malabar yang akan membawa kembali ke Malang waktu pemberangkatannya tinggal sebentar lagi, sedangkan peserta lain menuju ke ruang tunggu eksekutif sambil menunggu pemberangkatan kereta yang akan membawa mereka kembali ke kota masing-masing…..

630 total views, 1 views today