IRPS Semarang (IRPS SM) mengikuti Borobudur Forum dalam rangka hari Sumpah Pemuda. Acara yang bertemakan “Dengungkan Pelestarian Cagar Budaya, Indonesia Pasti Bisa” berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 28 – 30 Oktober 2018 di Hotel ATRIA Magelang. Acara ini dihadiri oleh 50 peserta yang berasal dari 25 komunitas yang peduli dengan benda Cagar Budaya dan sejarah dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. IRPS SM mendapat undangan untuk 2 orang yang diwakili oleh anggota barunya yaitu Unik Nurul Asmi dan Sulistya Putri.


Acara dibuka oleh Yudi Suhartono, M.A yang sekaligus memberikan materi pertama mengenai Dokumentasi Cagar Budaya. Dilanjutkan dengan materi kedua mengenai Etika Pelestarian Cagar Budaya oleh Isni Wahyuningsih, S.S, M.A

Di hari kedua materi dan diskusi yang pertama mengenai Kebijakan Pengelolaan Cagar Budaya oleh Drs. Tri Hartanto, M.Hum. Materi yang kedua disampaikan oleh Dwi Pradyawan, M.A mengenai Kepurbakalaan di Indonesia. Materi Yang ketiga mengenai Metode dan Teknik Eksavasi disampaikan oleh Andi Putranto, M.Si dan materi keempat Pemeliharaan Cagar Budaya disampaikan oleh Hari Setyawan S.T, M.T. Setelah semua sesi materi selesai, peserta dari 25 komunitas sharing bersama mengenai kegiatannya masing-masing.
Hari ketiga, praktik langsung mengeksavasi di Candi Borobudur yang dipimpin oleh Jati Kurniawan, S.S.

Dari semua kegiatan diharapkan komunitas yang peduli terhadap cagar budaya terus mengedukasi dan menyampaikan kepada masyarakat sekitar untuk melestarikan dan menjaga cagar budaya.

(Unik Nurul Asmi)

228 total views, 1 views today