+6287771120080 humas@irps.or.id

Salah satu lokomotif fenomenal yang dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) adalah lokomotif bernomor seri CC201. Lokomotif yang diproduksi oleh General Electric Transportation dengan model GE-U18C ini mempunyai konstruksi yang ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 hp. Lokomotif CC201 pertama kali didatangkan ke Indonesia pada tahun 1977-1978 sebanyak 38 unit dan terakhir didatangkan dari pabriknya di Amerika Serikat pada tahun 1992 sebanyak 20 unit.

Sebelum kedatangan lokomotif CC206, lokomotif CC201 memiliki populasi terbanyak di Indonesia, yaitu sebanyak 144 unit (termasuk hasil rehab dari lokomotif BB203). Lokomotif CC201 merupakan salah satu lokomotif GE Transportation yang paling sukses di Indonesia, dan menjadi sarana andalan selama bertahun-tahun bagi PT KAI untuk menarik rangkaian kereta mulai dari kereta eksekutif, bisnis, ekonomi, campuran, dan kereta barang/kargo.

Karena memilki peran yang begitu besar bagi Perkeretaapian Indonesia dan bernilai sejarah, kami dari komunitas pecinta kereta api yang bergerak di bidang preservasi aset kereta api Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) dan didukung penuh oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan kegiatan “Syukuran 40 tahun Lokomotif CC201 di Indonesia” pada tanggal 11 Mei 2017 di Dipo Lokomotif Jatinegara.

Acara dibuka oleh Bapak Budi Bahariawan Sofyan, Penasihat IRPS. Beliau mewakili IRPS menghaturkan banyak terimakasih kepada pihak Dipo Lokomotif Jatinegara sudah mengizinkan IRPS untuk melaksanakan kegiatan syukuran di sini.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Nova Prima, Ketua Umum IRPS. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan acara ini. Selain syukuran, acara semacam ini juga menjadi ajang silaturahim para anggota IRPS khususnya wilayah Jakarta.

Berikutnya Bapak Purwadi, KR Perencanaan Dipo Lokomotif Jatinegara memberikan sambutannya. Beliau sangat mengapresiasi acara ini, selain bentuk rasa syukur dan “terimakasih” atas jasa lokomotif CC201 menghela rangkaian kereta, beliau respek dengan IRPS karena bisa mewujudkan kecintaan kepada kereta api dalam bentuk yang bermanfaat. Selain itu, beliau berterimakasih dengan dipilihnya Dipo Lokomotif Jatinegara sebagai lokasi acara, karena memberikan nuansa berbeda untuk para kru dipo, selain menikmati hidangan tumpeng.

Berikutnya Bapak Nova Prima secara simbolis menyerahkan potongan tumpeng kepada Bapak Purwadi selaku perwakilan dari Dipo Lokomotif Jatinegara.

Acara berikutnya tak kalah seru, yaitu salah satu “perwakilan” CC201 yaitu CC201 83 23 mewakili saudara-saudaranya, dihela keluar dari area Dipo Jatinegara menuju tempat acara. Seakan tidak ingin melewatkan acara syukuran ini begitu saja. Dibantu oleh Bapak Wisnu (masinis) dan Bapak Asep (asisten masinis).

Selanjutnya hidangan tumpeng dinikmati beramai-ramai oleh para kru dipo. Nuansa keceriaan tampak terlihat di wajah para kru yang telah berjasa merawat dan menjaga lokomotif CC201 tetap tangguh menghela rangkaian kereta api.

Harapan kami (IRPS) dalam melaksanakan kegiatan ini adalah agar Lokomotif CC201 yang merupakan aset yang bersejarah ini dapat terus dipergunakan oleh PT KAI dan dilestaraikan untuk menjadi salah satu pembelajaran tentang sejarah perkeratapian di Indonenesia dikemudian hari. Dan semoga dikemudian hari jika lokomotif CC201 ini sudah tidak digunakan lagi oleh PT KAI, kami berharapa beberapa unit Lokmotif tersebut bisa menajdi koleksi Museum Kereta Api di Ambarawa, dan Museum Transportasi di TMII.

Terimakasih untuk segenap kru Dipo Lokomotif Jatinegara atas kesempatan yang diberikan yang semoga lokomotif CC201 tetap setia menarik rangkaian kereta api dengan gagah dan perkasa. Aamien.

Berikut video liputannya, selamat menikmati!

Catatan:
Logo lokomotif untuk banner HUT CC201 adalah karya dari Surya202. Telah mendapatkan izin untuk penggunaan pada banner di lokomotif.

199 total views, 1 views today