+6287771120080 humas@irps.or.id

Hari Minggu, 29 Januari 2017, IRPS (Indonesian Railway Preservation Society) kembali mengadakan edukasi serta kegiatan bakti sarana bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia yaitu CUCI LOKOMOTIF di Dipo Tanah Abang Jakarta Pusat.

Banyak sekali para peserta yang ikut. Mulai dari komunitas pecinta kereta api atau railfans, anak-anak bahkan sampai orang tua pun ikut meramaikan bakti sarana ini. Terlihat wajah-wajah ceria dan senang dari para peserta karena bisa menginjakkan kaki ke dalam area dipo yang selama ini tertutup untuk umum. Juga karena mereka bisa bersentuhan dengan lokomotif, yang sehari-hari hanya bisa disaksikan di stasiun atau hilir mudik di lintas.

Sekitar pukul 09.00 WIB, acara dibuka oleh Bapak Nova Prima selaku Ketua IRPS, Bapak Nana selaku Kepala Dipo Traksi, serta perwakilan dari Humas PT KAI Daop 1. Bapak Nana sangat mengapresiasi acara semacam ini, sebagai bukti nyata sumbangsih para pecinta kereta api untuk dunia perkeretaapian. Selain itu, Bapak Nana juga mem-briefing peserta mengenai cara membersihkan lokomotif, karena ada bagian-bagian tertentu yang tidak boleh terkena air atau sabun.

Setelah acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembagian peserta, dipimpin oleh Divisi Pelestarian IRPS Korwil Jakarta, Ricky Dirjo. Peserta pun dibagi menjadi beberapa tim. Sekitar 8-9 orang menangani 1 unit lokomotif.

Terlihat para peserta begitu riang mencuci lokomotif-lokomotif ini. Dengan penuh semangat mereka mengisi ember, mencampurnya dengan sabun dan mencuci sang raksasa besi yang sehari-hari bertugas menarik rangkaian ini.

Ada yang menaiki loko dan mencucinya dari atas.

Anak-anak pun tak mau ketinggalan dengan kakak-kakaknya, ikut membersihkan para raksasa besi ini.


Beberapa media ikut meliput keseruan dalam acara ini, yaitu NetTV, BeritaSatu dan Jawapos TV. Selain meliput, mereka pun kerap nimbrung dengan peserta. Sesekali mereka mengusap-usap lokomotif dengan cairan pembersih dan melakukan wawancara kepada para peserta.

Tak terasa waktu menunjukkan pukul 12.00 WIB, para peserta pun beristirahat dan melakukan sholat Dzuhur bagi muslim. Setelah beristirahat, ada 1 lokomotif yang harus dicuci. Tak dinyana, peserta masih sangat bersemangat untuk mencucinya lagi.

Waktu menunjukkan pukul 14.00 WIB, selesai sudah rangkaian acara cuci lokomotif ini.  Walaupun lelah, para peserta terlihat senang, karena mereka berhasil menyelesaikan kegiatan cuci lokomotif. Total ada 5 lokomotif yang dibersihkan oleh para peserta.

Seru kan? Bagi kawan-kawan yang ingin ikut cuci lokomotif di tunggu ya event selanjutnya!

700 total views, 1 views today